Categories
Uncategorized

TUTORIAL MEMBUAT MASKER KAIN SEDERHANA

TUTORIAL MEMBUAT MASKER KAIN SEDERHANA

Seperti yang sudah kita tau, saat ini kita sedang diserang dengan wabah yang menular sehingga menyebabkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Tidak hanya itu wabah ini juga membuat kita untuk selalu menjaga jarak terhadap orang lain. Hal itu yang menyebabkan semua orang di dunia kesulitan untuk menjalani kehidupan sehari- hari seperti pada umumnya. Karena semua pekerjaan di lakukan secara online, diusahakan untuk menguragi kerumunan dan selalu menjaga jarak dari orang lain. Seiring masalah wabah ini dirasakan semakin meresahkan masyarakah di dunia, karena mereka kesulitan dalam menjalankan pekerjaan mereka. Itulah yang menyebabkan timbulnya new normal dimana saat ini kita dapat melakukan pekerjaan seperti sedia kala akan tetapi dengan selalu memperhatikan protocol kesehatan . Wabah ini dapat menular secara cepat sehingga kita harus tetap menjaga diri agar terhindar dari penyebaran wabah ini. Cara nya dengan selalu menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan dan pastikan cuci tangan menggunakan sabun. Tidak hanya itu kita juga perlu menyiapkan alat alat lainnya seperti selalu membawa hand sanitizer dan selalu menggunakan masker. 

Masker ini sendiri dapat berupa masker kesehatan, masker kain, dan masker lainnya. yang paling penting mampu menjaga diri dari udara dan firus yang ada di luar sana. Tingginya tingkat kebutuhan masker saat ini menyebabkan tingginya harga masker di pasaran. Itulah yang menyebabkan kita kesulitan dalam memilih masket. Akan tetapi saat ini kita mampu mendapatkan masker dan dapat kita buat sendiri dirumah dengan cara sederhana. Seperti hal nya dengan masker kain, yang  bahan dasarnya kain sehingga dapat kita cuci dan digunakan lagi. Masker kain seperti ini akan sangat membantu akibat tingginya harga masker di pasaran. Cara membuatnya bisa anda simak ulasan di bawah ini:

  1. Masker tanpa di jahit

Yang pertama ialah cara membuat masker kain tanpa dijahit. Hal pertama yang dilakukan ialah menyiapakan beberapa potong kain katun halu dan tali elastis untuk di jadikan pengaitnya. Setelah itu cuci bersih kain sebelum akhirnya  di jahit, setelah di cuci bersih pola masker pada permukaan kain sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan. Lalu pastikan pola yang kalian gunakan sudah pas dengan bentuk muka anda. Lipat kain menjadi 3 lipatan lalu masukan karet pada kedua sisi tersebut. Setelah itu anda bisa  melipat bagian ujung kain tepat di mana karet disematkan, dan  satukan bagian ujung satu dengan ujung satunya agar kain rapat. Setelah itu tarik kedua ujung karet bagian atas dan bawah pada masker.

  1. Masker kain dengan di cara jahit

Cara membuat masker kain kedua ialah dengan cara di jahit. Masker kain seperti ini pada umumnya lebih kokoh dan tidak mudah rusak karena cara pembuatannya yang sangat teliti.

Caranya dengan menyiapkan bahan bahan seperti membuat masker sebelumnya. Siapkan kain katun halus yang sudah di cuci bersih, siap kain tali pengait, dan bahan bahan untuk menjahit seperti benang dan jarum. Bentangkan kain yang akan di gunakan lalu potong menjadi dua bagian, setelah itu pola kain sesuai dengan bentuk masker yang akan anda gunakan. Lalu rapikan setiap sisi agar pola terlihat rapi, jika sudah tumbuh kedua bagian masker tersebut dengan motif berbeda untuk membedakan bagian dalam dan luar. Jika sudah jahit semua sisi masker dan tambahkan tali pengait pasa setiap ucung masker. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *