Categories
Uncategorized

SPION MOTOR FUNGSINYA APA?

SPION MOTOR FUNGSINYA APA?

Motor memiliki kelengkapan yang memang memiliki fungsinya masing-masing. Seperti halnya spion, spion ini merupakan bagian dari motor yang tidak boleh diacuhkan begitu saja. Sebab, spion ini sudah diatur dalam undang – undang lalu lintas yang mewajibkan pengendara sepeda motor ini menggunakan dua spion yaitu kanan dan kiri. Spion motor ini sebuah cermin cembung yang berfungsi untuk memperbesar bayangan. Sehingga penggunaan spion ini dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang mana pengemudi tersebut tidak bisa menjaga jarak saat di jalanan. Apalagi jika menggunakan motor dengan mesin besar yang memiliki kecepatan tinggi. Penggunaan spion ini diatur dalam undang – undang lalu lintas dan angkutan jalan nomor 22 tahun 2009 pasal 285.

Fungsi Spion Motor

Spion ini merupakan bagian motor yang penting, yang mana sudah di atur dalam undang – undang lalu lintas sehingga pengendara motor ini wajib menggunakan dua spion motor di bagian kanan dan kiri. Sehingga pemerintah lebih tegas dalam memperhatikan spion motor. Sudah banyak pengendara motor yang harus di tilang polisi sebab dalam tidak lengkap spion motor atau penggunaan spion motor yang salah. Maka dari itu, saat ini jangan sepelekan spion motor dan mengabaikannya. Berikut, terdapat fungsi spion motor yang dapat anda simak dengan baik;

  • Menjaga body motor

Spion motor ini dapat menjaga bagian bodi agar tidak terbentur dengan kendaraan yang berada di sekitarnya. Dengan adanya kaca spion ini maka mudah untuk mengetahui jika ada bahaya dari belakang. Sehingga akan lebih cepat menghindarinya dan rusaknya body motor ini tidak parah. Sehingga anda harus selalu waspada sebab, banyak pengendara lain yang menggunakan kecepatan tinggi.

  • Mengatur jarak dengan pengendara lain

Spion motor ini memang jarang ada yang mengetahui fungsi ini yaitu dapat mengatur jarak dengan pengendara motor lainnya. Hal ini memang banyak dirasakan oleh pengguna mobil. Spion motor ini dapat menjadi penjaga jarak dengan kendaraan lainnya. Sehingga hal ini juga dapat membantu jaga jarak aman dengan pengendara lainnya. Sehingga tidak akan terjadi benturan ataupun kecelakaan di jalan.

  • Memantau kondisi di sekitar

Dengan adanya spion motor ini memang dapat membantu anda dalam memantau kondisi di sekeliling anda. Terlebih jika anda berhenti di malam hari. Spion ini juga diciptakan guna untuk memantau kondisi dan situasi yang tidak dapat dijangkau oleh pengendara. Sehingga spion ini tidak boleh dipasang secara sembarangan, yang mana posisi tersebut sudah dirancang oleh setiap produsen motor dan menyesuaikan dengan jenis motor.

  • Memudahkan di tempat parkir

Saat memarkirkan motor ini bukanlah hal yang sulit bagi pengendara, sulit di saat akan mengeluarkan motor di area parkir. Yang mana sudah pasti motor ini akan berhimpitan dengan sepeda motor yang lainnya. Sehingga spion inilah yang akan membantu motor keluar dari tempat parkir. Posisi spion yang benar ini dapat memantulkan visibilitas belakang. Dan akan membuka keluar sehingga jangkauan penglihatan ini makin luas.

  • Mencegah tindakan kriminal

Spion ini memang di berada di bagian depan, sebab pengendara motor ini dapat mengawasi sekelilingnya dalam melaju, terlebih pada malam hari. Kaca spion ini dapat memantau keadaan di belakang, seperti mencurigakan, mengikuti atau hal yang lainnya. Sehingga dengan adanya kaca spion motor ini dapat mengambil langkah lebih cepat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *