PENGERTIAN VARIABEL BESERTA PENJELASANNYA DAN MENURUT PARA AHLI

Pemahaman Variabel pun dimaksud dengan objek riset atau apa sebagai konsentrasi di satu riset itu. Serta variabel dapat dibagi jadi variabel kuantitatif serta variabel kualitatif. Variabel bermakna beralih-alih, serta tidak masih. Bermakna deklarasi suatu yang mempunyai macam nilai. Serta berlainan dalam bahasa pemrograman dimaksud pun lambang yang mewakili nilai tersendiri dengan variabel di sub program yakni biasa dimaksud dengan variabel lokal. Yang seringkali diketahui dengan pada umumnya atau utuh pada suatu program dimaksud pun variabel global. Variabel pun adalah satu yang berlaku bisa beralih-alih serta tidak dapat masih sebab juga bisa didefinisikan menjadi nilai. Serta tentu saja mempunyai banyak variasi serta utamanya bisa berharga semakin banyak.


Pemahaman Variabel pun pada umumnya adalah objek yang bisa berupa apa. Serta tentu saja bisa dipastikan oleh beberapa pakar serta periset dengan arah yang sama yaitu mendapatkan info agar bisa ditarik satu jawaban atau rangkuman. Serta dengan teori pun, variabel adalah satu objek, atribut, karakter atau nilai dari orang serta pekerjaan yang memiliki beberapa macam macam nya. Serta di antara keduanya pun diputuskan menjadi periset dengan arah yang sama untuk dipelajari serta menarik rangkuman. Variabel ini dapat disimpulkan menjadi satu besaran yang bisa dirubah atau beralih. Serta satu ide dapat dirubah jadi satu variabel lewat cara memusatkan pada segi tersendiri pun dari variabel itu.

PENGERTIAN VARIABEL MENURUT PARA AHLI Sugiarto

Variabel ialah ciri-ciri yang bisa diobservasi dari unit amatan yang disebut satu pengenal atau atribut dari sekumpulan objek. Arti dari variabel itu ialah berlangsungnya macam pada objek yang satu dengan objek yang lain dalam grup tersendiri.

Eddy Soeryanto

Variabel Riset ialah objek penting dalam penelitian pemasaran.

Hatch & Farhady (1981)

Variable didefinisikan menjadi Atribut seorang atau object yang memiliki macam pada satu orang dengan yang lainnya atau satu object dengan object yang lainnya.

Kidder (1981)

Makna variabel ialah satu kualitas (qualities) di mana periset pelajari serta menarik rangkuman darinya.

Bhisma Murti (1996)

Pengertian variabel ialah kejadian yang memiliki macam nilai. Macam nilai itu dapat diukur dengan kualitatif atau kuantitatif.

Sudigdo Sastroasmoro

Pemahaman variabel ialah karakter subyek riset yang beralih dari satu subyek ke subyek yang lain.

Ahmad Watik Pratiknya (2007)

Variabel ialah Ide yang memiliki variabilitas. Sedang Ide ialah penggambaran atau abstraksi dari satu kejadian tersendiri. Ide yang berbentuk apa pun, asal memiliki ciri yang beragam, jadi bisa dikatakan sebagai variable. Dengan begitu, variable bisa disimpulkan menjadi semua hal yang beragam.

Soekidjo Notoatmodjo (2002)

Variabel memiliki kandungan pemahaman ukuran atau cirri yang dipunyai oleh anggota – anggota satu grup yang berlainan dengan yang dipunyai oleh grup yang lainnya.

Variabel ialah suatu yang dipakai menjadi ciri, karakter atau ukuran yang dipunyai atau didapat oleh satu riset mengenai suatu ide pemahaman tersendiri.

Robbin Pearson

Variabel Riset ialah semua karakter umum yang bisa diukur serta bisa beralih dalam intensitas, keleluasaan atau kedua-duanya.

N Kerlinger

Variabel ialah ide yang mempunyai beberapa macam nilai, serta variabel ialah ide yang telah dirubah.

Freddy Rankuti

Pemahaman variabel ialah ide yang mempunyai nilai beragam serta nilai itu dapat dibagi menjdi 4 data yang berlainan, yakni taraf, rasio, ordinal, nomina serta intenal.

Sutrisno Hadi

Variabel adalah macam dari objek riset, contohnya saja tinggi manusia serta divariasikan dengan usia atau berat tubuh yang dimilikinya.

Sugiyono (2009: 60)

Makna variabel ialah semua hal yang berupa apa yang diputuskan oleh periset untuk dipelajari hingga didapat info mengenai hal itu, lalu ditarik kesimpulannya.

Nazir

Pemahaman variabel ialah ide yang memiliki berbagai macam nilai.

Suharsimi Arikunto (1998: 99)

Variabel riset ialah objek riset atau apa sebagai perhatian satu titik perhatian satu riset.

Bagja Waluya

Pengertian variabel ialah ide yang belum pernah tertinggal dalam tiap-tiap uji coba/penelitina (research).

Tia Mutiara

Pemahaman variabel ialah suatu sebagai konsentrasi perhatian yang memberi dampak serta memiliki nilai (value).

Pemahaman Variabel Menurut KBBI

bisa beralih-alih, berlainan, berbagai macam (mengenai kualitas, harga, dan lain-lain).

suatu yang bisa beralih; unsur atau faktor yang turut memastikan pergantian.

a) unit bahasa yang sangat dipengaruhi oleh macam sosial serta stilistis, dalam periode panjang gampang beralih; b) kelas kata yang bisa mengatakan jalinan gramatikal dengan pergantian bentuk, dalam soal ini kelas nomina, verba, serta adjektiva.

JENIS-JENIS VARIABEL Variabel Moderator

Variabel moderator ini adalah variabel yang bisa memengaruhi suatu yang jadi lebih kuat maupun lebih lemah. Serta mempunyai jalinan dengan variabel bebas atau variabel terikat. Dengan variabel ke-2 itu serta dari variabel berdiri sendiri serta bisa dimaksud dengan variabel moderator.

Variabel Intervening

Variabel intervening ini pula dimaksud dengan variabel yang bisa memengaruhi jalinan pada variabel bebas atau variabel yang terikat. Serta tentu saja variabel ini tidak dapat dilihat serta diukur sebab variabel intervening ini mempunyai nilai yang tetap beralih.

Variabel Berdiri sendiri

Variabel berdiri sendiri ini pula adalah variabel yang berlangsung sebab mempunyai pergantian serta bisa memunculkan variabel terikat atau variabel dependen. Serta variabel ini dapat terkait dengan variabel kuasa. Dengan variabel ini tentu saja bisa dimaksud dengan variabel dampak atau masih tetap banyak panggilan yang lain.

Variabel Dependen

Variabel dependen ini pula biasa dimaksud dengan variabel yang tidak bisa bebas. Sebab variabel dependen ini terikat serta bisa memengaruhi tiap-tiap variabel bebas atau variabel berdiri sendiri.

MACAM – MACAM PENGERTIAN DARI VARIABEL Tentu saja dalam artian variabel pun mempunyai pengertian yang begitu luas. Juga bergantung dari semua cabang ilmunya. Dengan arti variabel ini dapat dipakai menjadi cabang pengetahuan seperti matematika, computer, nalar matematika juga sains tentu saja. Dalam artian variabel ini tentu saja begitu berbagai – jenis juga tergantung dari mata pelajaran. Variabel ini pula mempunyai type variabel riset misalnya. Yakni variabel yang mempunyai semua hal yang alan jadi pbjek penilaian serta riset. Dalam artian ini dapat diambil dari sisi pengertian yang dimaksud dengan jika dalam riset pun ada suatu sebagai tujuan. Yaitu variabel juga mempunyai kejadian sebagai satu observasi serta diukur.

Dalam Pengetahuan Sains

Variabel pun adalah objek satu riset, yaitu dari semua hal yang akan di teliti. Serta variabel ini seringkali dipakai dalam riset ilmiah serta dapat dikosongkan seta isi dalam nilainya. Variabel ini pula terbagi dalam nama juga nilai.

Dalam Matematika

Pemahaman variabel ini pula adalah ciri-ciri atau satu abjad yang bisa mewakili satu jumlahnya yang belum dipastikan. Dalam tiap-tiap variabel ini pula memiliki kandungan nilai serta dapat mempermudah kita tentu saja agar bisa kerjakan masalah matematika. Tentu saja mengenai masalah matematika yang terkait dengan aljabar.

Dalam Pengetahuan Computer

Dalam artian variabel ini tentu saja pengetahuan computer pun adalah nama atau umumnya dimaksud dengan ciri-ciri, abjad atau kata. Serta yang mewakili dari beberapa nilai di ingatan computer itu.

Dalam Pengetahuan Nalar Matematika

Pemahaman variabel ini pula adalah satu diantara lambang yang dapat mewakili satu teori tentu saja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *